12+ Ide Video TikTok – Bikin Orang Tertarik (2023)

Hey, guys! Udah pada dengerin kan betapa hebohnya TikTok akhir-akhir ini? Tapi kadang susah juga nih nyari Ide Video TikTok dan konten yang pas buat di-upload. Platform ini beda dari sosial media lainnya, tapi jangan khawatir, ngatur strategi pemasaran TikTok buat merek jati diri kamu gak sesulit yang kamu pikirkan.

Ide Video TikTok

Dengan banyaknya tren TikTok baru yang bermunculan, rasanya ingin ikutan semuanya deh. Tapi, yang penting adalah berpikir apa yang penggemar mau liat dengan ide video tiktok kamu. Begitu kamu ngerti siapa target audiens kamu, maka merekmu bakal langsung lebih dikenal, followers-nya makin nambah, dan komunitasmu semakin aktif.

12+ Ide Video TikTok – Bikin Orang Tertarik (2023)

Berikut ini ada 15 ide video TikTok yang bisa kamu gunakan buat merekmu. Entah kamu lagi mulai baru atau butuh inspirasi buat ngeluarin kreativitas, pasti ada ide TikTok yang pas buat kamu.

Idea-idea video TikTok terbaik biasanya yang udah terbukti seru dan selalu nongol di berbagai tren TikTok. Tapi, buat merek, pilihlah ide video TikTok yang tepat biar bikin audiens yang cocok makin tertarik. Mulai dari tantangan TikTok sampe video edukatif, yuk eksplorasi ide-ide video tiktok ini lebih dalam sebelum kamu mulai upload video ke akun merekmu.

1. Momen Natural Diri Sendiri

Jadi, ngomong-ngomong dari hati ke hati, gausah takut buat nunjukin sisi manusiawi kamu. Kita semua manusia di sini, dan penggemar kamu pasti suka liat sisi manusia yang ada di sisi lain kamu.

Contohnya tiktoker Isabella Lin dari Fizzy Soaps, yang sempet istirahat dari konten biasanya buat bahas dan kasih penilaian video-video yang dulu pernah viral. Asik kan liat pendiri merek langsung muncul dan ngobrolin kenyataan di balik sosial media?

Kalo kamu ada hal yang pengin kamu bagikan atau lagi nemuin sesuatu yang bikin kamu bersemangat, kemungkinan penggemarmu juga bakal suka. Coba aja ide video tiktok dengan berbagi rekomendasi buku favorit atau seri Netflix yang lagi bikin kamu hooked.

Dan gak perlu bicara ke kamera buat bikin merekmu keliatan lebih manusiawi. Pake gambar dan keterangan tulisan juga bisa kok. Bayangin aja kayak lagi cerita sama temen, dan usahain pendek dan manis.

2. Konten yang Lagi Ngetren

Nah, ini nih yang sering bikin kita pengen buat konten dari jauh hari. Tapi, buat akun TikTok, penting banget buat seimbangin. Pantau aja tanggal-tanggal penting dan event-event yang lagi ngetren di TikTok. Pastikan kamu siap buat beraksi dan bikin konten yang lagi hits dengan ide video tiktok tersebut.

Konten video yang lagi ngetren gak selalu harus rumit kok. Malah, kadang postingan simpel yang terbaik! Contohnya kayak merek deodoran alami Wild ini. Mereka bikin video pendek pas Paskah, nunjukin kalau kemasan deodoran mereka bisa jadi camilan Paskah. Video singkat, tapi ditonton lebih dari 100,000 kali.

Tren juga bisa bikin bingung, soalnya datang dan pergi dengan cepat. Walaupun ada tren seperti video lip sync, video hewan lucu, atau video tari, itu mungkin gak cocok buat merekmu. Ikutlah tren yang relevan buat audiensmu. Siapa tahu video viralmu selanjutnya malah gak ngeikuti tren sama sekali.

3. Proses Kreatif Dibalik Layar

Nah, ngebongkarin proses kreatif dari merek kamu bisa jadi ide TikTok yang asik. Bisa video kamu bikin produk secara manual, nge-sketsa ide-ide baru, atau apa pun yang nunjukin kemampuan kreatif dan keahlian kamu dalam merek kamu.

See also  Cara Daftar TikTok Affiliate dan Dapatkan Komisi

Akun TikTok Burn.in Candle Co. dipenuhi video-video yang nunjukin gimana lilin-lilin mereka dibuat. Selain asik buat diliat, juga nunjukin seberapa banyak waktu dan tenaga yang dipakai buat setiap lilin.

Kalo ada yang lebih puas daripada belanja di merek-merek kecil, ya liat produknya dibuat secara manual.

4. Inspirasi Lewat Video TikTok

Akun TikTok kamu tempat yang pas buat bagi nilai dan visi merekmu, ngedapetin penonton sejalan dan mengubah mereka jadi followers.

Bagikan apa yang menginspirasi kamu dan konten lain yang sesuai sama nilai dan misi merekmu. Merek kamu lebih dari produknya aja, dan TikTok kamu tempat yang pas buat nunjukin itu.

Merek pakaian renang berkelanjutan SevenSeas Swimwear suka banget dengan vibe musim panas, jadi gak heran deh video impian ini dapet hampir dua juta views.

Bikin dan unggah konten yang sesuai sama suasana merek kamu, dan pasti nyambung sama penggemarmu.

5. Spoiler Produk Baru

Libatkan followersmu dan tingkatkan antisipasi buat peluncuran atau kampanye baru dengan nge-gebetin produk baru dan nunjukin pelanggan TikTok kamu pandangan pertama.

Kasih followers pandangan pertama buat produk baru, warna baru, atau apa pun yang sedang dikejar merek kamu. Nge-spoiler juga bakal bikin followers kamu pengen balik lagi buat liat yang lain.

Elyse Breanne Design pake lagu yang lagi ngehits dan bikin video simpel tapi efektif, nunjukin produk terbaru ke followersnya dan ngeliatin dia foto produknya.

Kalo sesuatu itu bikin kamu excited, peluangnya juga besar followers merek kamu juga bakal excited. Pake strategi ini buat TikTok e-commerce kamu buat ngumpulin momentum buat peluncuran produk baru.

6. Video TikTok Tanya Jawab

Fitur Tanya Jawab baru di TikTok ngasih kesempatan buat followersmu nanya pertanyaan ke akunmu. ya ide video tiktok ini adalah Cara yang pas buat berinteraksi sama followers dan dapetin wawasan pelanggan yang berharga dan ide konten baru.

Dengan nyalain fitur Tanya Jawab, followers kamu bisa bikin komentar mereka jadi pertanyaan, jadi lebih gampang buat kamu temuin dan jawab.

Merek sabun Fizzy Soaps baru-baru ini bikin video ini sebagai tanggapan pertanyaan dari followersnya, dan video ini dapet hampir setengah juta views. Kombinasi suara latar dengan video proses pembuatan sabun ini cara sederhana buat berinteraksi sama followers.

Yang paling asik adalah, Tanya Jawab kasih kamu ide-ide video TikTok yang sudah jadi: kamu bisa bikin beberapa video tiap minggu atau bulan untuk jawab pertanyaan dari komunitasmu.

7. Video Tanya Penonton

Gak cuma followers aja yang bisa nanya. Nanya penonton bisa jadi cara yang pasti buat tingkatkan keterlibatan dan ngetahui pendapat followers kamu.

Apa warna yang pelanggan pengin di musim depan? Apa yang mereka pengin liat lebih banyak di TikTok? Kasih mereka kesempatan buat ikut serta dan berbagi pendapat mereka, kamu bakal dapetin masukan berharga dari audiens targetmu.

Parakeet Slimes Shop pintar banget gabungin dua ide. Merek slime ini bikin video yang nanggepin pertanyaan pengikutnya dan juga ngekasih kesempatan buat penonton lain buat berbagi pendapat, cara yang pasti buat dapetin lebih banyak interaksi.

8. Video Edukasi TikTok

Buat industri atau bidang keahlianmu, sekarang waktunya buat ngasih liat skillmu. Kuasai niche kamu dan bagikan pengetahuan kamu buat followers lewat video informatif, mulai dari merinci topik yang kompleks sampe bikin video how-to yang seru.

Cara asik buat ngecapai penonton lebih banyak di niche kamu dan bikin mereka jadi followers. Bikin ini jadi serangkaian rutin dan pertimbangkan buat buat Playlist di TikTok biar semua postingan informatif kamu bisa diakses di satu tempat sebagai sumber referensi.

See also  MUDAH: Cara Membatalkan Tautan Facebook dari TikTok

Peach & Lily bikin serangkaian video yang nunjukin fakta-fakta menarik soal perawatan kulit Korea. Video di bawah ini dapet hampir satu juta views, dan juga jadi bagian dari serangkaian yang bikin penonton balik lagi buat liat lebih banyak.

Kalo bingung mulai dari mana, nanya followersmu atau cari tahu pertanyaan yang sering dicari di niche kamu. Menjawab pertanyaan yang sering diajukan akan bikin konten evergreen yang bakal terus dikunjungi orang berkali-kali.

9. Video Dibalik Layar TikTok

Ngasih pengikutmu gambaran apa yang terjadi dibalik layar perusahaan kamu bisa jadi cara yang bagus buat bikin mereka ikutan dan tingkatkan keterlibatan kamu.

Konten video tiktok dibalik layar bikin semuanya lebih personal. Entah kamu satu orang yang ngurus semuanya atau punya tim 100 orang, ide TikTok yang nunjukin gimana jalan-jalannya akan selalu menarik. Kasih gambaran tim kamu saat kerja atau di balik layar saat pemotretan, atau share sesuatu yang simpel kayak secangkir kopi pagi kamu. Penggemar bakal hargai pendekatan yang jujur ini.

Merek fashion Cee Cee’s Closet NYC dari New York bagi momen di balik layar yang autentik dengan pengikut, dan video ini dapet hampir 300,000 views.

Pendiri merek XXL and Co, Tina Nguyen, bikin video yang penuh cinta ini nunjukin gimana ibunya bantu di balik layar, dan dengan 3.1 juta views, video ini jadi salah satu postingan mereknya yang paling banyak dilihat sampai saat ini.

10. Vlog dan Rekap

Buat ide konten tiktok dengan Bikin rekap tentang hari, minggu, musim, atau acara bisa jadi ide video TikTok yang bagus dan gampang. Pake suara yang lagi tren dan kasih penonton kamu gambaran cepat dan autentik tentang merek kamu.

Vlog ini kayak diary atau scrapbook, dan cocok buat ngebundel periode waktu atau acara tertentu. Cukup kumpulin konten terbaik yang udah kamu ambil.

Contoh dari merek perhiasan Uncommon James ini nyatet video-video biar bisa tangkep nuansa satu hari, dari beli bunga dan main sama anjing sampe mampir ke toko dan nunjukin produk.

Gak butuh toko fisik buat buat sesuatu yang efektif. Ambil momen kapan aja dan kamu bakal punya sumber vlog menarik terus menerus. Kasih penggemar gambaran nyata tentang merek kamu dan tangkap estetika dan etos kamu dalam postingan konten video tiktok singkat ini—dan yang paling asik adalah, kamu bisa ngandalin ini berkali-kali.

11. Video Kolaborasi

Gabung dengan akun TikTok lain bisa jadi cara ampuh buat menjangkau audiens baru. Pemasaran influencer ngasih merek kamu kesempatan buat mencapai follower baru yang kemungkinan besar punya minat yang sesuai sama merek kamu.

Contoh kayak skin care brand Peach & Lily yang udah kita sebutin tadi, selain ngasih pengetahuan, mereka juga kolaborasi sama salah satu dermatolog favorit di TikTok, Dr. Zion, di konten video ini.

Ide Video tiktok ini gak cuma nunjukin produk Peach & Lily, tapi juga bikin kepercayaan. Kalo bicara soal perawatan kulit, apa lagi yang lebih bisa diandalkan selain pendapat seorang dermatolog? Tapi gak selalu butuh pendapat dokter kok. Wajah-wajah terkenal dan pendapat yang terpercaya dan bisa kita relasiin juga sama bagusnya.

12. Video Cerita

Ide video tiktok selanjutnya, Siapa yang gak suka cerita seru? Tagar #StoryTime adalah sumber ide TikTok yang oke dan bikin kamu jadi lebih jujur dan personal sama followers.

See also  Cara Membuat Video Bisa Masuk ke FYP Tiktok

Mulai dari cerita gimana merek kamu dimulai sampe inspirasi terbesarmu (atau bahkan kegagalan terbesarmu), cerita ini nunjukin sisi merek kamu dan gampang di-film-in. Ceritain cerita kamu atau sorot tim kamu. Kejujuran itu kunci, dan gak ada cara yang lebih baik buat jujur sama followersmu selain dengan berbagi cerita sendiri.

Pencipta di balik Elyse Breanne Design pake pertanyaan dari pengikut sebagai awal cerita di video ini. Gabungan cerita personal sama gambaran proses penciptaan bikin lebih pribadi.

13. Video Perkenalan TikTok

Nih, ini seolah-olah gak perlu mikir lagi. Perkenalkan merekmu, dirimu, dan produkmu dalam video pendek, cara yang bagus buat dikenal lebih luas dan pastikan kamu mencapai audiens yang sesuai.

Seperti dari skin care brand aavrani: Pendek dan manis buat perkenalkan merek, produk, dan cerita di balik merek. Gak cuma efektif buat jelasin produk dan manfaatnya, tapi juga bikin merek terlihat bersahabat dan mudah diajak ngobrol.

Video pengenalan Feel Your Soul juga contoh bagus buat bikin merek terasa manusiawi dan mengenalkan audiens baru ke orang-orang di balik merek.

Meskipun kamu udah sering posting, gak ada salahnya buat perkenalkan diri dan merekmu lagi ke followersmu. Kenapa gak pake setiap kali milestone followers baru sebagai peluang buat berkenalan lagi dan sapa followers baru? Atau simpan cerita perkenalan di profil kamu biar followers baru bisa kenal kamu.

14. Video Tips dan Trik TikTok

Siapa yang gak suka life hack yang oke? Bagi tips dan trik terbaikmu buat buat video yang bikin orang ngobrol. Fokus pada niche kamu dan bagikan tips produk atau life hack yang akan menarik dan engas pengikutmu.

Skin care brand Drunk Elephant bikin video simpel ini buat nunjukin gimana produk-produk mereka bisa dicampur dan disesuaikan jadi “smoothie.” Beberapa gambar produk, suara yang lagi ngetren, dan keterangan tulisan aja.

15. Duets dan Stitches

Fitur Duet dan Stitch di TikTok ada di menu Efek dan bisa bikin kamu kolaborasi sama pengguna TikTok lainnya.

Ini cara yang pas buat reaksi atau perluasin konten video tiktok yang udah kamu lihat dan relevan buat kamu dan audiensmu. Bahkan bisa jadi cara yang asik buat buat konten video TikTok lucu, karena kamu tergantung sama orang yang kamu duet atau stitches buat bikin konten utama. Fitur Duet bikin layar dibagi jadi dua dan bisa nge-reaksi bareng video lain secara real-time, sedangkan Stitch memungkinkan kamu potong dan edit rekaman sebagai tanggapan ke video yang udah ada.

Baca: 8 Tips Ampuh Menjadi Percaya Diri Saat Live Tiktok

Itulah Awal dari Ide-Ide Video TikTok

Begitulah, ide-ide video TikTok ini cuma permulaan buat bantuin kamu nemuin yang cocok buat merek dan audiensmu. Banyak dari video ini bisa ngarahin kamu buat bikin lebih banyak konten, jadi gak akan terjebak mikirin apa yang mau di-upload.

Ingat, sebagai merek, penting buat eksperimen sama konten video TikTok buat liat apa yang bikin interaksi terbanyak sama audiensmu. Pemasaran media sosial selalu melibatkan komunikasi dua arah—dengarkan audiensmu, kumpulin masukan, dan fokus ke cerita mereka.

Nah, itu dia nih beberapa ide video TikTok yang bisa kamu coba. Udah siap buat ngeguncang dunia TikTok? Yuk, coba dan lihat aja deh hasilnya!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *